Kenali, 5 Jenis Koyo Beserta Fungsinya Menurut Ilmu Medis

By On Tuesday, October 9th, 2018 Categories : kesehatan

sumber merdeka.com

Penggunaan koyo bagi masyarakat Indonesia sudah menjadi kebiasaan untuk mengatasi berbagai keluhan nyeri, seperti nyeri otot, pegal, masuk angin dan lain – lain. Fungsi koyo sendiri menurut kedokteran ada beberapa macam tergantung jenis koyo itu sendiri. Mari kita ulas beberapa jenis koyo beserta fungsinya menurut ilmu medis atau kedokteran.

  1. Anal getik topikal

Secara umum koyo jenis ini dapat mengatasi rasa pegal dan cedera ringan pada tulang maupun otot. Cara kerjanya yaitu dengan membawa obat anti radang langsung meresap ke bagian yang sakit. Efek anti radang pada koyo jenis ini dapat dirasakan dengan cepat tanpa mempengaruhi organ tubuh lainnya.

2. Nitrogliserin patch

Biasanya jenis koyo ini cocok digunakan pada nyeri sekitar dada yang disebabkan karena penyempitan aliran darah di jantung atau biasa disebut penyakit arteri koroner. Fungsi penggunaan koyo jenis Nitrogliserin patch ini yaitu melemaskan pembuluh darah sehingga jantung lebih banyak mendapatkan aliran darah dan oksigen.

3. Fentanyl patch

Jenis koyo ini mengandung narkotika kuat dan biasa digunakan untuk mengobati penyakit yang tergolong kronis. Sistem kerjanya yaitu melalui saraf pusat dengan tujuan menghilangkan rasa sakit jangka panjang. Untuk mendapatkan koyo jenis ini tidaklah sembarangan,  harus melalui resep dokter untuk memantau cara penggunaannya.

4. Nicotine patch

Di masyarakat Indonesia sendiri koyo jenis ini dikenal sebagai terapi untuk berhenti merokok. Sistem kerja koyo jenis ini yaitu memberikan jumlah nikotin yang lambat dan stabil pada aliran darah, sehingga membuat pasien lebih jarang untuk menghisap rokok. Beberapa fakta dilapangan mengungkapkan bahwa pemakaian koyo jenis nicotine patch ini lebih bersahabat dibandingkan dengan mengonsumsi pelege tenggorokan atau permen karet.

5. Lidocaine patch

Koyo jenis lidocaine patch biasa digunakan oleh kalangan medis untuk mengobati kesemutan dan rasa sakit akibat luka bakar. Untuk menggunakan koyo jenis ini harus berdasarkan resep dokter karena tidak semua orang bisa menggunakannya, seperti tidak dianjurkan untuk wanita hamil.

Dari sekian jenis koyo yang dikenal dalam dunia medis, satu diantaranya termasuk kategori koyo dari merk hansaplast. Anda bisa membeli koyo hangat bungkus sachet di toko-toko terdekat atau minimarket sejenisnya.

Kenali, 5 Jenis Koyo Beserta Fungsinya Menurut Ilmu Medis | Tomi Purba | 4.5