Tebing Breksi, Spot Wisata Paling Instagramable di Jogja yang Tak Boleh Dilewatkan

By On Sunday, August 12th, 2018 Categories : Wisata

Malioboro, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Pantai Parangtritis, Pantai Jogan, dan beberapa spot yang lain mungkin sudah terlalu sering untuk dibahas. Atau bahkan Kalian sudah seringkali datang berkunjung ke tempat wisata tersebut? Jika iya, kini waktunya Kalian mencari tempat wisata anti mainstream lainnya di Jogja yang akan dapat semakin menambah pengalaman wisata Kalian.

Salah satu tempat wisata yang belum terjamah dan cocok untuk menjadi alternatif wisata Kalian jika datang berkunjung ke bumi Jogja adalah Tebing Breksi. Tebing Breksi ini merupakan sebuah spot wisata paling instagramable yang tentunya tak boleh untuk Kalian lewatkan. Berbagai suasana yang khas juga akan bisa Kalian dapatkan jika datang berkunjung kemari. Jangan lupa gunakan pakaian yang super stylish dan bidik foto hits disini agar dapat dipajang di akun instagram kamu sobat! Kalian yang tertarik berwisata seru di Tebing Breksi, berikut informasi selengkapnya untuk Kalian!

Informasi Wisata Tebing Breksi, Spot Wisata Instagramable di Jogja

Tebing Breksi

Tebing Breksi awalnya bukan merupakan suatu tempat wisata. Jika kita menarik mundur tentang sejarah dari Tebing Breksi, lokasi wisata ini awalnya merupakan bekas lokasi penambangan material bahan bangunan. Aktivitas penambangan tersebut sudah berlangsung lama bahkan sejak tahun 80an silam dan menjadi mata pencaharian utama bagi warga yang berdomisili di sekitar kawasan Tebing Breksi.

Kemudian dalam beberapa waktu lalu dilakukan suatu penelitian yang kemudian ditemukan fakta bahwa bebatuan yang ada di areal penambangan berasal dari endapan abu vulkanik gunung api purba Nglaggeran yang ada di Gunung Kidul. Karena hal tersebut, tempat ini kemudian menjadi suatu kawasan cagar budaya yang benar – benar harus dilestarikan. Pada akhirnya aktivitas tambang masyarakat terpaksa dihentikan dan tempat bekas penambangan tersebut kemudian diubah oleh masyarakat dengan campur tangan pemerintah menjadi kawasan wisata yang sampai saat ini terkenal dengan nama Tebing Breksi.

Tentunya suasana keindahan masih bisa dirasakan di kawasan Tebing Breksi. Keindahan Tebing Breksi terpancar dari banyaknya pahatan dengan berbagai bentuk menarik yang ada. Terdapat yang berupa naga dan tokoh pewayangan. Banyak juga para wisatawan yang kemudian berkunjung mengabadikan moment di depan pahatan dimana pahatan di tebing batu dibuat sendiri oleh warga sekitarnya sebelum dibuka menjadi tempat wisata. Jika Kalian datang ke Tebing Breksi, Kalian juga bisa menyaksikan keindahan panorama Yogyakarta dengan pesona bangunan megah dan berciri khas. Tersedia juga jalur tangga yang dapat mengantarkan wisatawan ke bagian atas tebing untuk menikmati eksotisme Jogja dari atas ketinggian. Landscape pemkalianngan luar biasa dengan latar belakang candi seperti Prambanan, Sojiwan dan Barong juga bisa Kalian temukan dengan berkunjung di Tebing Breksi ini.

Keindahan Tebing Breksi belum cukup sampai disitu saja. Di Tebing Breksi, Kalian juga akan menemukan sebuah area yang disebut Tlatar Seneng. Tlatar Seneng ini merupakan sebuah area yang sangat luas dilengkapi bersama tempat duduk melingkar dengan panggung berbentuk lingkaran. Area ini sendiri biasanya sering difungsikan juga dalam menggelar pertunjukan seni dimana sekilas akan mengingatkan Kalian pada bangunan Colosseum yang ada di Roma, Italia. Hal ini juga yang turut serta menjadi salah satu keindahan dan daya tarik tersendiri bagi Tebing Breksi.

Di Tebing Breksi berbagai fasilitas penunjang juga tersedia diantaranya seperti toilet umum, mushola dan kantin yang dapat menjadi area penunjang kegiatan wisatawan. Jangan lupa Kalian yang akan berwisata di Tebing Breksi, siapkan budget untuk tiket masuk sekitar 5 ribu rupiah dan biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil. Selamat menikmati liburan seru dengan berkunjung menuju Tebing Breksi.

Tebing Breksi, Spot Wisata Paling Instagramable di Jogja yang Tak Boleh Dilewatkan | Tomi Purba | 4.5