Mesin Es Cream Bisa Anda Beli dengan Mempertimbangkan Beberapa Hal Berikut

By On Monday, September 25th, 2017 Categories : Blog

Es krim merupakan salah satu makanan yang paling banyak disukai tidak hanya oleh anak-anak namun juga orang dewasa. Untuk membuat es krim sendiri bisa menggunakan lemari es atau tempat yang diberi es batu dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi, jika dipergunakan untuk membuat es krim untuk keperluan bisnis, maka dibutuhkan mesin es cream yang bisa ditemukan di tempat yang jual mesin elektronik ataupun lewat toko online terpercaya untuk melihat harga mesin es cream.

 

Dalam memilih mesin untuk menjual es krim tersebut, sebelumnya Anda harus tahu apakah akan membuat jenis es krim seperti apa. Apakah jenis hard ice cream atau soft ice cream. Jika akan digunakan untuk membuat es krim lembut maka sebaiknya pilih jenis mesin yang dilengkapi dengan dispenser sehingga memudahkan Anda untuk mengeluarkan es krim tersebut langsung ke cone atau ke gelas. Sedangkan untuk jenis hard ice cream, mesin pembuatnya menyerupai freezer besar seperti untuk menyimpan makanan atau minuman beku. Akan tetapi, ada juga mesin pembuat hard ice cream yang juga bisa digunakan untuk membuat soft ice cream.

 

Untuk memilih mesin pembuat es krim yang tepat, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama adalah metode pembekuannya serta seberapa cepat mesin tersebut bisa membekukan es krim yang dibuat.

 

Cek juga apakah dalam mesin pembuat es krim tersebut terdapat beberapa komponen berikut ini:

 

  • Kompresor.
  • Cup atau mangkok atau drum untuk tempat adonan.
  • Condensor.
  • Expasion valve.
  • Cylinder atau colling room atau barrel.
  • Valve atau kran yang biasanya ada pada mesin soft ice cream.

 

Kedua adalah kapasitas dari mesin untuk membuat es krim. Masing-masing mesin es cream yang ada di pasaran memiliki kapasitas yang berbeda satu sama lain sehingga Anda harus mengetahui berapa banyak es krim yang hendak Anda buat sehingga Anda tidak salah memilih. Salah dalam memilih kapasitas mesin untuk membuat es krim bisa menyebabkan Anda harus membeli mesin lagi untuk tambahan karena tidak mencukupi kapasitas atau bahkan mengeluarkan uang yang lebih besar dan membiarkan tempat pembuat es krim tersebut sisa banyak padahal Anda tidak membuat es krim dalam jumlah yang besar.

 

Ketiga adalah kompresor dari mesin pembuat es krim tersebut. Daya tahan usia pemakaian mesin pembuat es krim tersebut dipengaruhi juga oleh kompresor yang dipergunakan. Semakin bagus kompresor tersebut maka ketahanan dari mesin tersebut akan semakin bagus. Akan tetapi, Anda juga harus menyiapkan dana yang tidak sedikit karena semakin bagus kualitasnya, harganya juga akan semakin tinggi.

 

Keempat adalah ketersediaan dari spare part serta tempat service. Tidak semua mesin pembuat es krim tersebut memiliki komponen yang mudah untuk dicari dan dibeli dengan harga yang terjangkau. Sebaiknya pilih jenis mesin pembuat es krim yang memiliki tempat service yang mudah ditemukan serta komponen yang banyak di jual sehingga jika mesin tersebut rusak, Anda bisa memperbaikinya misalnya mengganti bagian yang rusak daripada harus membuang dan membeli mesin pembuat es krim yang baru.

 

Pertimbangan lainnya dalam memilih mesin es cream, adalah:

 

  • Daya listrik mesin. Pertimbangkan berapa daya yang akan digunakan untuk menyalakan mesin tersebut sehingga saat Anda menggunakan mesin itu untuk membuat es krim tidak menyebabkan listrik mati. Pilih juga power yang tepat agar tidak membuat mesin cepat rusak.
  • Ukuran mesin yang sesuai dengan ruangan atau tempat Anda akan menempatkan mesin tersebut.
  • Harga harus sesuai budget Anda.
Mesin Es Cream Bisa Anda Beli dengan Mempertimbangkan Beberapa Hal Berikut | Tomi Purba | 4.5