Potensi Wisata Pulau Borneo Yang Sayang Anda Lewatkan

By On Wednesday, March 29th, 2017 Categories : Blog

Potensi Wisata Pulau Borneo Yang Sayang Anda LewatkanIndonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari puluhan ribu pulau. Dan diantara sekian banyak pulau, 5 diantaranya adalah yang terbesar. Yaitu Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Papua dan Jawa.

Dari kelima pulau tebesar di Indonesia, Kalimantan atau yang memiliki nama sebutan pulau Borneo ini menyimpan berbagai kekayaan. Tak hanya dalam sektor pertanian dimana Kalimantan adalah salah satu tempat pertanian kelapa sawit terbesar di Indonesia, namun Kalimantan juga memiliki potensi wisata yang luar biasa menariknya dan sayang untuk anda lewatkan.

Mulai dari wisata pulau, pantai hingga berbagai suguhan tempat wisata modern bisa anda jumpai di Kalimantan. Ya, meskipun kebanyakan tempat wisata yang terdapat di pulau Borneo adalah jenis wisata bahari namun anda tetap bisa menikmati wisata jenis lain yang tak kalah indah dan menariknya.

Untuk wisata bahari di pulau Borneo sendiri yang paling terkenal anatara lain adalah Tanjung Isuy, Muara Muntai dan masih banyak lainnya.

Sedangkan untuk wisata yang terdapat di tengah pulau, anda bisa menikmati beberapa wisata alam seperti berkeliling hutan dengan panorama alam yang masih begitu asri dan dipenuhi dengan primata langka seperti orangutan kalimantan.

Benar sekali, disalah satu lokasi wisata yang berada di pulau Borneo atau lebih tepatnya di Kalimantan Tengah, anda bisa melihat primata yang sudah hampir punah ini berkeliaran bebas di dalam hutan. Menariknya, anda tak hanya bisa melihatnya secara dekat, namun anda juga bisa melakukan camping di area hutan tersebut. Lokasi tersebut yaitu Tanjung Puting.

Kemudian beralih ke Kalimantan Barat, disini anda bisa berkunjung ke salah satu kota besarnya yaitu Pontianak. Dan di tempat inilah, anda bisa menyaksikan salah satu monumen terpenting di Indonesia yaitu Tugu Katulistiwa.

Tak hanya itu, setelah puas berkeliling kota anda bisa beralih ke bukit penjamur bengkayang. Sayangnya untuk menuju ke sini anda harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan dengan jalur yang cukup sulit. Namun tak perlu khawatir, setelah mencapai lokasi wisata yang berada di atas ketinggian 900 meter ini anda bisa menikmati pemandangan yang luar biasa.

Masih belum puas berkeliling pulau Borneo? Selanjutnya anda bisa menikmati wisata di air terjun Managar. Yaitu satu air terjun terkenal di Indonesia karena memiliki keindahan alam yang hampir menyerupai air terjun Niagara di Amerika.

Dan sebagai penutup perjalanan anda, akan sangat menarik jika anda mengunjungi pasar tradisional Kalimantan yang juga menjadi ciri khas dari pulau Borneo yaitu pasar apung. Lokasi pasar apung yang paling terkenal sendiri salah satunya berada di Martapura.

 

Potensi Wisata Pulau Borneo Yang Sayang Anda Lewatkan | Tomi Purba | 4.5