Jenis Penyakit Kulit Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

By On Tuesday, February 28th, 2017 Categories : kesehatan

Jenis penyakit kulit pada anak dan cara mengatasinyaIritasi pada kulit atau lebih dikenal dengan sebutan ruam ditandai dengan adanya pembengkakan ataupun gelembung air di dalam kulit yang benjol-benjol. Ruam yang menimpa anak kecil umumnya berwarna merah disertai rasa gatal. Parahnya, ruam terkadang membuat kulit bersisik dengan tekstur yang keras serta melepuh ketika sudah matang.

Penyakit kulit pada anak ini kerap membuat ibu khawatir, terlebih kalau kondisinya semakin parah. Beberapa jenis ruam memang bisa menghilang dengan sendirinya. Namun apa jadinya jika keadaan ini disertai dengan demam tinggi, sesak napas, mual, muntah, serta gangguan kesehatan lainnya?. Sudah pasti penanganan medis menjadi tindakan nomor satu yang tidak boleh dilewatkan.

Perlu diketahui bahwa pengobatan penyakit kulit pada anak ini juga didasarkan pada kriterianya. Ruam yang dipicu karena reaksi dari obat-obatan, makanan, virus, ataupun gigitan serangga berpotensi meninggalkan bekas.

Ruam memang tidak bisa dipastikan akan menempel pada bagian tubuh yang mana, tapi gatal-gatal lokal yang didorong oleh infeksi menjadi pemicu utama beberapa penyakit kulit pada anak sebagai berikut:

  1. Cacar air

Umumnya diawali dengan demam 1 hingga 2 hari. Kemudian timbul gelembung-gelembung yang berisi air di permukaan kulit. Rasanya gatal. Setelah gelembung pecah bekas tersebut akan mengering atau bisa menjadi koreng. Untuk pencegahannya, penyuntikan vaksin sejak dini wajib didapatkan anak-anak. Keberadaan penyakit ini tidak terlepas dari virus yang bernama herpes varicella zoster.

  1. Impetigo

Penyakit kulit pada anak yang selanjutnya berupa bintik-bintik merah kecil yang berisi nanah dan membekas. Penyakit ini mendatangi anak-anak yang kurang dijaga kesehatan dan kebersihannya. Impetigo biasa timbul di bagian wajah, tungkai, ataupun lengan. Untuk pemicunya, streptococcus pyogenes atau dikenal dengan sebutan streptococcus beta hemolyticus grup A.

Penanganan terhadap impetigo bisa dilakukan dengan cara memberikan antibiotik dalam bentuk pil atau salep.

  1. Kadas

Jamur yang tumbuh pada kulit mati disinyalir andil besar dalam mendatangkan penyakit kulit pada anak ini. Tandanya berupa lingkaran yang berwarna merah, ada sisiknya, melepuh, serta perih pada area tersebut. Lama-kalamaan gejala tersebut akan berujung pada bundaran cincin yang melebar dan membesar. Untuk penyembuhannya, oleskan salep atau krim anti jamur.

  1. Hives

Kulit seperti terbakar. Dalam jangka waktu beberapa hari, hives bisa menjadi sinyal adanya penyakit berbahaya yang mengancam tubuh. Adapun hives yang menimpa anak-anak dipicu oleh reaksi alergi, obat, suhu yang ekstrim, atau makanan yang berdampak pada alergi seperti kacang, udang, telur, tiram, dan sejumlah zat aditif. Konsumsi antihistamin dan konsultasikan ke dokter.

Itulah beberapa penyakit kulit pada anak dan cara mengobatinya.

Jenis Penyakit Kulit Pada Anak Dan Cara Mengatasinya | Tomi Purba | 4.5