5 Manfaat Jeruk Nipis Yang Wajib Anda Tahu

By On Thursday, January 12th, 2017 Categories : kesehatan

Manfaat Jeruk NipisJika dibandingkan dengan buah jeruk lainnya, jeruk nipislah yang paling berkhasiat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Ya, itu dikarenakan ada kandungan Bioflavonoid dan vitamin C.

Mendengar nama jeruk nipis, apakah Anda mengetahui sejuta manfaat dari buah yang satu ini? jika belum, jangan beranjak dari tempat duduk Anda untuk menyimak informasi penting mengenai manfaat jeruk nipis di bawah ini.

1.     Menurunkan berat badan

Meminum satu gelas air jeruk nipis hangat yang ditambahkan dengan madu setelah bangun tidur dapat membuat tubuh Anda lebih segar dan melancarkan pencernaan.

Di dalam buah ini terdapat kandungan pectin yang berguna untuk menurunkan berat badan dengan cara mengurangi rasa lapar.

Jadi Anda tidak perlu mengurangi rasa lapar dengan meminum secangkir kopi ataupun teh, melainkan dengan meminum segelas jeruk nipis. Selain lebih menyehatkan, Anda juga akan mendapatkan manfaat jeruk nipis berupa berat badan akan turun.

2.     Mengobati amandel

Manfaat jeruk nipis yang selanjutnya adalah dapat mengobati penyakit amandel, dengan cara merebus potongan kulit jeruk nipis yang telah dicuci yang ditambahkan dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa ¾-nya. Saring air tersebut dan gunakan untuk berkumur-kumur sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

3.     Mengobati batuk

Siapa sangka bahwa buah jeruk nipis dapat mengobati batuk yang begitu mengganggu aktivitas Anda. Agar manfaat jeruk nipis ini dapat dirasakan oleh Anda, peraslah jeruk nipis lalu air perasannya ditambahkan dengan sepotong gula batu dan aduklah hingga merata.

Minumlah ramuan tersebut sebanyak 1 kali dalam satu hari hingga Anda merasa benar-benar sembuh.

4.     Mengobati batu ginjal

Buah jeruk nipis memang dipercaya dapat mengobati penyakit batu ginjal dengan cara memeras dua butir jeruk nipis kampung lalu tuangkan ke dalam 2 gelas air hangat. Aduk hingga tercampur rata dan minumlah seusai makan malam.

Lakukanlah cara tersebut kira-kira selama 10 hari sampai. Selamat mencoba, semoga cara ini memang benar-benar berkhasiat untuk Anda.

5.     Mengobati sariawan

Mengatasi sariawan menggunakan jeruk nipis sudah menjadi hal yang umum. Banyak sekali orang yang sudah membuktikan manfaat jeruk nipis yang satu ini.

Jika Anda ingin mencobanya, oleskanlah perasan air jeruk nipis pada bagian yang mengalami sariawan. Lakukan cara ini tiga kali dalam sehari. Memang akan sedikit perih namun sariawan Anda akan segera hilang.

Jika Anda tidak percaya dengan manfaat jeruk nipis yang telah disajikan di atas, cobalah membuktikannya sendiri di rumah.

5 Manfaat Jeruk Nipis Yang Wajib Anda Tahu | Tomi Purba | 4.5