Tips Lebaran Dengan Hemat

By On Tuesday, May 22nd, 2018 Categories : Berita, Personal

Lebaran tinggal sebentar lagi. Untuk menyambut hari kemenangan tersebut, biasanya orang-orang akan membutuhkan dana besar untuk membeli keperluan yang akan digunakan saat lebaran. Hal ini tentu malah menjadi momok bagi orang yang seharusnya dapat memanfaatkan lebaran untuk bersenang-senang dengan kerabat, malah menjadi pusing memikirkan pengeluaran bulan Ramadan yang semakin membengkak, dan juga tunggakan utang yang belum dapat lunas hingga lebaran

Tips Lebaran Dengan Hemat

Untuk menghindari hal-hal tersebut, berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran saat lebaran:

1. Pakai Baju Lama Saat Lebaran

Salah satu tradisi lain dalam merayakan Lebaran yaitu membeli baju baru. Walau tradisi ini memang cukup dinantikan, tetapi nyatanya hal ini tidak harus dilakukan apalagi apabila membeli baju baru dapat membebani secara finansial. Gunakanlah baju lama yang masih bagus saat bersilaturahmi dengan keluarga walaupun banyak orang yang jual baju lebaran.

2. Lebih Baik Memasak Sendiri daripada Makan di Restoran

Untuk menghemat pengeluaran dalam lebaran, minimalkan makan saat lebaran di restoran atau mall. Lebih baik dalam merayakan momen lebaran, kita memasak sendiri dan makan bersama keluarga besar di rumah. Makan bersama di rumah malah akan menambah kehangatan anggota keluarga dan tentunya menghemat pengeluaran kita.

3. Atur Budget untuk THR / Fitrah Lebaran

Kita harus bisa menyiasati nominal uang untuk fitrah yang akan dibagikan agar menghemat pengeluaran. Perlu diingat bahwa kunci utama dari merayakan lebaran adalah untuk bersilaturahmi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Jangan biarkan beban anggaran untuk membagikan THR pada keluarga menjadi penghalang untuk menikmati hari raya.

4. Atur Rencana Mudik Saat Lebaran Jauh Hari

Apabila memang ingin sekali pergi mudik di hari raya, pastikan kalian memesan tiket di jauh-jauh hari untuk mendapat harga yang lebih murah. Selain itu pastikan dalam merencanakan perjalanan, kalian membandingkan biaya dari setiap jenis transportasi yang tersedia. Dengan membandingkannya, kalian dapat memilih jenis transportasi yang ramah dengan kantong.

 

Tips Lebaran Dengan Hemat | Tomi Purba | 4.5