Biar Tidak Menyesal, Intip Tips Ini Sebelum Membeli Motor

By On Saturday, May 26th, 2018 Categories : Blog, Teknologi

Sumber gambar: www.emmo.ca

Jika berbicara soal jalanan di Indonesia, tentu kata “macet” menjadi hal pertama yang muncul di pikiran banyak orang. Hal inilah yang membuat masyarakat Indonesia cenderung lebih memilih kendaraan bermotor jika dibandingkan dengan mobil pribadi, bahkan menurut data Badan Pusat Statistik, pengguna sepeda motor Indonesia sudah mencapai angka 98,88 juta unit, lho. Cukup menakjubkan, bukan?

 

Nah, apakah kamu berencana untuk membeli motor baru dalam waktu dekat? Agar tidak menyesal, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli sepeda motor baru.  Simak terus, ya!

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Guys, pastikan motor yang ingin kamu beli sesuai dengan kebutuhanmu, ya! Coba dipikirkan terlebih dahulu, apakah kamu membutuhkan motor untuk keperluan sekolah, hobi, atau lainnya? Perlu dimengerti, bahwa setiap motor memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Sebagai contoh, jika kamu sering bepergian untuk jarak jauh, disarankan untuk membeli motor matic. Beda halnya jika kamu memiliki hobi traveling ke daerah terpencil, jenis Dual Sport akan menjadi pilihan yang tepat untukmu.  Dengan begitu, dijamin kamu tidak akan menyesal ketika membeli motor baru pilihanmu!

2. Jangan Lewat dari Bujet

Kebanyakan orang sering kali merasa menyesal setelah membeli barang dikarenakan tidak berpikir panjang dan keluar dari anggaran yang sudah diperhitungkan. Nah, jangan sampai kamu jatuh pada kesalahan yang sama, ya! Sebelum membeli motor, sebaiknya kamu telah melakukan research agar tahu kisaran harga saat ini. Setelah itu, sesuaikan kisaran harga di pasaran dengan bujet kamu.

 

Saat membeli motor, pastikan kamu tidak tergoda dengan fitur yang ada pada motor di luar anggaranmu, ya. Meski sulit, cara ini dijamin bisa menyelamatkanmu dari rasa penyesalan ketika membeli motor.

3. Cek Fitur dan Kelengkapan Motor

Ketika membeli motor, sebaiknya sempatkan untuk mendatangi showroom-nya secara langsung, ya. Jangan hanya berpatokan pada brosur saja, guys! Sebelum melakukan transaksi, pastikan kamu telah mengecek fitur dan kelengkapan, terutama bagian sparepart motor kendaraan yang akan kamu beli. Jika kamu kurang mengerti soal mesin motor, jangan ragu untuk mengajak teman yang paham dengan dunia otomotif. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan sparepart motor berkualitas harga terjangkau. 

 

4. Ketersediaan Garansi

Saat ini, sudah ada banyak sekali penipuan yang terjadi dalam jual-beli motor. Sebagai contohnya, ada beberapa showroom dan bengkel yang menjual motor dengan mesin rusak. Untuk itu, kamu dituntut untuk menjadi pembeli cerdas. Pastikan motor yang kamu beli memiliki ketersediaan garansi satu tahun. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu motor barumu rusak atau mogok tanpa sebab.

5. Perhatikan Kelengkapan Surat-Suratnya

Selain memerhatikan ketersediaan garansi, kamu juga perlu lebih teliti dalam mengecek  kelengkapan surat-surat penting motor tersebut seperti BPKB dan STNK. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kejelasan identitas pemilik tangan pertama.  Apalagi jika kamu berencana untuk membeli motor bekas, jangan sampai kendaraan yang kamu beli adalah motor curian. Selain itu, pastikan juga semua surat perjanjian dilengkapi kop dan cap resmi. Jadi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa melakukan klaim kepada si penjual.

6. Luangkan Waktu untuk Membandingkan Harga

Saat melihat motor idaman kita dijual dengan harga murah, rasanya jadi ingin langsung melakukan transaksi dan membawanya pulang, ya. Namun, sebaiknya kamu tidak melakukan kesalahan ini, guys! Perlu diingat bahwa harga jual tiap dealer tentu saja berbeda-beda. Oleh sebab itu, cobalah bersabar dan luangkan waktu sekitar satu bulan untuk membandingkan harga tiap dealer. Dengan cara ini, dijamin kamu akan mendapatkan harga terbaik.

 

Itu dia beberapa cara efektif yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli motor baru maupun bekas.  Terlepas dari cara-cara di atas, yang paling penting adalah kamu perlu ekstra hati-hati dalam memilih dealer atau showroom, ya! Semoga informasi ini membantu, guys!

Biar Tidak Menyesal, Intip Tips Ini Sebelum Membeli Motor | Tomi Purba | 4.5