Toko Sepeda, Bisnis Menguntungkan dengan Strategi yang Tepat

By On Tuesday, June 6th, 2017 Categories : Blog

Beberapa tahun belakangan ini kecintaan masyarakat akan olahraga sepeda kembali menyeruak. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya pengguna sepeda ketika akhir pekan untuk berolahraga, munculnya banyak komunitas pecinta sepeda, dan banyak juga masyarakat yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi ke sekolah atau tempat kerja. Tentunya untuk memanfaatkan peluang ini, Anda bisa membuka bisnis toko sepeda sebagai jawaban dari permintaan pasar yang begitu tinggi akan kebutuhan sepeda ini.

Bisnis Toko Sepeda

Pada dasarnya untuk memulai usaha toko sepeda ini bukanlah hal yang sulit karena yang terpenting adalah Anda perlu membuka toko tersebut di lokasi yang strategis. Lokasi strategis tidak selalu harus berada di jalur utama atau pusat kota, namun bisa juga memilih lokasi yang mudah dijangkau dan jika memungkinkan ada di pinggir jalan sehingga lebih mudah dalam menarik perhatian calon pembeli. Jika Anda kurang modal dalam menyewa tempat, maka Anda bisa menggunakan bagian depan rumah Anda sendiri untuk membuka usaha ini.

Apabila tempat telah dimiliki, selanjutnya Anda perlu mencari distributor ataupun agen yang jual sepeda dengan cara grosir. Secara umum, para produsen sepeda dengan brand besar kerap menunjuk perwakilan sebagai agen untuk memasarkan produk dengan lokasi yang ada di setiap kota. Membeli dari agen tentu bisa lebih menegosiasikan harga sehingga harga yang didapatkan lebih murah, apalagi jika Anda membeli dalam jumlah yang cukup banyak.

Pekerjaan rumah lainnya yang perlu Anda tahu adalah dengan mengetahui jenis tren sepeda yang kini sedang banyak digemari oleh masyarakat mengingat jenis sepeda begitu banyak mulai dari sepeda balita, sepeda anak, sepeda gunung, sepeda fixie dan lain sebagainya. Kemampuan Anda dalam mengetahui jenis, spesifikasi dan tren sepeda yang sedang berlangsung ini bisa menjadi modal utama yang berharga dalam menjalankan usaha jual beli sepeda.

Setelah semuanya terlewati dan toko milik Anda sudah berhasil dibuka, maka menjalankan bisnis ini memang dapat diakui tidak cukup mudah karena banyak sekali tantangan yang akan Anda hadapi. Selain karena banyaknya pesaing, segmen pasaran untuk sepeda juga agak terbatas mengingat sepeda bukanlah kebutuhan primer. Bahkan promosi yang kurang baik juga bisa menjadikan usaha sepeda yang Anda dirikan tidak berkembang. Modal yang perlu dipersiapkan juga bukannya angka yang sedikit karena untuk memulai usaha kecil-kecilan saja, paling tidak modal yang dibutuhkan adalah sekitar 50 juta rupiah.

Untuk itu, pastikan memiliki strategi tersendiri dalam menjalankan usaha ini sehingga dapat berkembang dengan baik di pasaran nantinya. Yang paling bisa dimaksimalkan adalah dari segi promosi karena jiwa dari setiap bisnis adalah pemasaran sehingga wajib dimaksimalkan. Dalam hal pemasaran ini, Anda perlu berfikir secara lebih luas sehingga usaha tersebut semakin dikenal oleh masyarakat. Pasang baliho, spanduk dan lainnya di depan toko Anda. Selain itu Anda juga bisa membagikan flyer dan promosi untuk masyarakat agar ketertarikannya semakin besar.

Salah satu cara promosi terbaik yang juga bisa Anda coba adalah dengan bergabung atau menjadi bagian dari banyak komunitas sepeda karena anggota lainnya bisa menjadi sasaran pasaran sepeda Anda. Itulah sedikit ulasan terkait membuka usaha toko sepeda yang bisa Anda coba jalankan. Manfaatkan juga promosi online dalam memasarkan produk yang Anda jual sehingga segmen pasar yang akan Anda tuju bisa semakin meluas.

Toko Sepeda, Bisnis Menguntungkan dengan Strategi yang Tepat | Tomi Purba | 4.5