Kurma, Makanan Sehat untuk Para Ibu Menyusui

By On Monday, May 22nd, 2017 Categories : kesehatan

kurmaSetelah berjuang dengan lamanya kehamilan dan pedihnya proses melahirkan, tentu kebahagiaan keluarga Anda kini semakin lengkap dengan kehadiran si kecil. Demi bisa melihatnya selalu tumbuh sehat nantinya, ada baiknya jika memberikan makanan yang tepat sejak Ia berusia dini yaitu dengan ASI. Jika Anda memutuskan untuk memberikannya ASI secara eksklusif, maka ada baiknya jika Ibu menyusui juga bisa memilah makanan yang tepat sehingga kebutuhan nutrisi Anda dan si kecil tetap dapat terpenuhi salah satunya adalah kurma.

Buah kecil dari Timur Tengah ini memang buah yang kaya akan khasiat dan sudah menjadi rahasia yang diketahui secara umum. Buah ini merupakan camilan manis yang memiliki kandungan kalsium tinggi sehingga bisa mendorong produksi ASI ke Ibu menyusui menjadi lebih baik. kandungan serat di dalam buahnya pun sangat baik. Selain baik di konsumsi selama masa menyusui, bahkan buah ini juga amat baik jika dikonsumsi ketika masih dalam masa kehamilan.

Masa menyusui merupakan masa dimana Ibu menyusui butuh banyak sekali asupan nutrisi yang mencapai 500 kalori demi memastikan agar produksi ASI selalu mencukupi. Namun banyak juga Ibu menyusui yang tidak butuh tambahan dari kalori yang bisa disesuaikan dengan penambahan berat badan dan seberapa aktif kegiatan Anda selama menyusui. Oleh karena itu ada baiknya makanan harus seimbang dan memiliki nutrisi yang tinggi, seperti beberapa makanan berikut ini:

  1. Sayuran hijau

Sayur seperti bayam dan juga brokoli merupakan makanan rendah kalori namun dengan kandungan vitamin A yang begitu baik untuk bayi serta Ibu menyusui. Selain kurma, sayuran hijau sangat baik dikonsumsi bahkan sejak masa kehamilan karena kaya kalsium, vitamin C serta zat besi dan antioksidan yang bisa membantu kesehatan untuk jantung.

  1. Telur

Telur bisa menjadi sumber protein yang sangat baik dan menjadi pilihan tepat dan mudah makanan yang bisa disantap oleh para Ibu menyusui. Apabila ingin menambah asam lemak esensial pada ASI, maka telur dengan fortifikasi DHA akan sangat baik dipilih. Anda bisa menyajikannya dengan merebusnya atau menjadikan telur orak-arik sebagai santapan ketika sarapan.

  1. Ikan salmon

Selanjutnya ada ikan salmon yang bisa sebagai sumber DHA penting bagi perkembangan sistem syaraf pada bayi. Tingkat DHA yang ada pada ASI ini bisa tergantung dari jenis makanan yang disantap oleh para Ibu menyusui. Bahkan DHA pada ikan salmon juga bisa menjadi pencegah depresi setelah melahirkan. Meski begitu ada baiknya untuk tetap membatasi konsumsinya yaitu 12 ons per minggu saja.

  1. Beras coklat

Beras coklat memiliki kandungan serat dan nutrisi yang begitu banyak sehingga bisa mempertahankan rasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. beras jenis ini pun tidak akan membuat gula darah mudah naik setelah dikonsumsi jika dibanding dengan beras putih.

  1. Jeruk

Buah jeruk selalu memberikan kesegaran di segala suasana karena kandungan cairannya yang begitu banyak. Untuk tambahan energi bagi para Ibu menyusui yang memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi sehingga penting untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa jenis makanan yang begitu baik dikonsumsi untuk para Ibu menyusui karena kandungan vitamin dan nutrisinya yang begitu besar. Pastikan untuk menyajikan kurma dan juga makanan lain dalam kadar yang seimbang setiap harinya secara bergantian sehingga Anda tidak bosan dengan makanan santapan Anda.

 

Kurma, Makanan Sehat untuk Para Ibu Menyusui | Tomi Purba | 4.5