Yuk, Kenali Budaya di Jogja dan Bali

By On Saturday, November 5th, 2016 Categories : Wisata

Yuk kenali budaya di bali dan jogja

Indonesia, negara kepulauan eksotis ini dikenal sebagai ladangnya wisata surga. Tanah air tercinta ini punya destinasi wisata kelas dunia yang menawarkan keindahan tiada duanya. Kearifan lokal dan budaya yang masih terjaga juga menjadi alasan mengapa banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara memasukkan Indonesia sebagai destinasi travelling terfavorit.

Jogja dan bali, adalah dua tempat yang tak pernah sepi dari hilir mudik wisatawan. Tempat ini menawarkan wisata paket lengkap, mulai dari view alam, wisata kuliner, wisata sejarah, dan wisata budaya.

Buat kamu yang ingin travelling sekaligus belajar budaya, ulasan budaya di Jogja dan bali ini bisa dijadikan referensi. Pertama, What is culture? Apa sih uniknya budaya di Jogja dan Bali? Yuk, kita kenali sama-sama.

1. Wisata
Ditinjau dari wisata yang ditawarkan, Jogja lebih condong dengan wisata sejarahnya seperti Tamansari, Benteng Vredeburg, dan Keraton. Sedangkan Bali menawarkan wisata budaya yang masih dijalankan hingga sekarang seperti Ngaben, Galungan, dan budaya keseharian umat Hindu yang tinggal disana.
Budaya di Jogja dan Bali juga sama-sama dikelilingi oleh pantai-pantai cantik loh. Bedanya, pantai di Bali aman untuk snorkeling karena tidak ada karang yang tajam.

2. Harga
Bicara tentang harga, Jogja tentu lebih recommended buat kamu yang ingin travelling dengan budget pas. HTM dan segala keperluan di Bali biasanya mencapai 3x lipat lebih mahal dibanding Jogja. Ini karena Bali menjadi salah satu tempat perputaran dolar dan mata uang asing. Hal ini juga dipengaruhi oleh pelaku bisnis sektor pariwisata yang sangat maju di Bali.

3. Masyarakat
Satu hal menarik yang bisa kamu pelajari dari budaya di Jogja dan Bali ini ialah keramahan masyarakatnya. Ya, mereka murah senyum dan tak luput untuk menyapa. Meskipun lebih suka menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa kesehariannya, mereka juga tak segan menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan wisatawan luar daerah.
Dari segi kreatifitas, mereka bisa dibilang seniman tulen dengan karya seni artistik menakjubkan, bahkan berhasil merambah pasar internasional.

4. Pekerjaan
Jogja lebih kental dengan ikon kota pelajarnya, jadi lapangan pekerjaan yang ada disana punya keterkaitan dengan pendidikan. Misalnya seperti kost, warung kopi, warung makan, dan fasilitas pendidikan yang lain. Sedangkan Bali lebih dipadati Resort, SPA, GRO, custumor servis dan lainnya.
Jogja bisa dibilang padat oleh wisatawan lokal yang pindah domisilinya. Sedangkan Bali lebih banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

Nah, apa tanggapan kamu tentang budaya di Jogja dan Bali? Sangat menarik bukan. recommended banget nih buat liburan yang sarat edukasi.

Yuk, Kenali Budaya di Jogja dan Bali | Tomi Purba | 4.5